Anti Gatal saat Hamil (Bonus Anti Stretchmark)

by - 7:26:00 PM

Lama ga posting, sekarang udah hamil aja. Lalu mulai kepikiran banyak banget hal yang bisa dishare untuk para ibu hamil (atau yang berencana hamil) di luar sana. Jadilah aku coba nulis blog lagi.

To the point aja, dari awal kehamilan, udah diwanti-wanti sama temen-temen yang udah punya anak, katanya nanti akan gatel perutnya, nanti akan punya stretchmark, nanti akan ini itu. Aku sendiri sebenernya ga masalah kalo harus punya strechmark atau akan tersiksa gimanapun demi anak. Tapi ya namanya manusia kan harus berusaha, karena setelah melahirkan aku masih harus terus baik-baik aja demi keluarga.

Ditakut-takutin tentang ancaman akan punya stretchmark, aku coba pake Bio Oil sejak kehamilan usia 2 bulan, walaupun belum ada penambahan berat badan dan pembesaran perut. Ternyata Bio Oil itu enak dipake tiap habis mandi di bagian-bagian yang kering, ga cuma bagian ancaman stretchmark aja.

Minggu demi minggu, makin belajar, apa aja yang harus dipersiapkan saat kehamilan, salah satunya, perubahan kulit. Di aku, kulitku berubah jadi super kering, padahal tadinya kulit wajah itu oily, dan kulit badan itu baik-baik aja pake sabun biasa (Lifebuoy, Lux, dsb). Dengan perubahan kulit, ternyata hampir semua bagian tubuh ini gatal, bahkan kalo siang-siang di kantor, kena AC, sambil ngetik aja rasanya kulit tangan kayak ketarik-tarik. Maka muncul lah beberapa produk yang bisa membantu untuk jaga kelembaban kulit, dan yang ternyata, ini juga mencegah munculnya strecthmark di kulit kita.

Seperti yang kita tahu, stretchmark memang muncul gara-gara kulit kita ketarik pas kita menggemuk (yang ternyata juga menghasilkan rasa gatal), nah kalo kulitnya ga lentur, stretchmark muncul dengan tanda-tanda garis pink, yang lama-kelamaan jadi garis putih dan punya warna berbeda dengan kulit di sekitarnya. Jujur aja, awalnya sempet ada stretchmark tipis di bagian pinggulku, di bulan keempat kehamilan (di mana perut mulai kelihatan hamil), tapi setelah aku pake produk-produk yang aku jelasin di bawah ini, dia perlahan pudar dan sekarang udah ilang total (hampir bulan ketujuh kehamilan).

Jadi apa aja produknya? Sebenernya bukan produknya, tapi kita harus pahami kandungan dan manfaatnya. Tapi di tulisan ini aku ringkas aja lah untuk memudahkan.

Supaya ga gatal, kulit harus lentur. Supaya lentur, kulit ga boleh kering, harus lembab. Jadi, supaya ga gatal, kulit harus lembab. Nah gimana caranya melembabkan kulit untuk ibu hamil?

1. Sabun Mandi

Kalo sebelumnya pake sabun mandi yang efeknya keset di kulit, coba ganti dengan sabun mandi yang melembabkan. Aku sendiri pake sabun mandi yang mengandung susu kambing, gampang dicari toko-toko terdekat kayak Superindo, Lottemart, dll atau Watsons dan Guardian kalo lagi main ke mall. Contoh: Leivy atau Leivy, bisa juga brand Watsons sendiri ada kok yang mengandung susu kambing. Harganya mulai dari Rp 40 ribu tapi udah dapet 900 ml, Abis sabunan memang agak licin, but it means good for your skin. Jangan lupa pake shower puff juga ya.



Ga betah sama licinnya? Bikin bilasnya lama? Ada yang keset tapi melembabkan, tapi harganya juga agak lebih mahal. Merknya Goat's Don't Lie dari The Bath Box (TBB), belinya pun harus online di Shopee atau website resminya, harganya Rp 96 ribu untuk varian originalnya, Rp 123 ribu untuk varian Geranium (wanginya lebih enak), dengan ukuran 330 ml. Tapi biasanya mereka ada musim diskon kok tiap bulan, bisa sampai 40% diskonnya, cuma ya gitu, rebutan kalo pas diskon. FYI aja, sabun mandi dari TBB ini juga enak banget dan aman buat wajah, baik untuk morning cleanser atau second cleanser.

2. Oil

Aku sih dari awal pake merk Bio Oil karena waktu awal hamil belum tau ada merk lain selain ini untuk melembabkan dan mencegah stretchmark. Harganya sekitar Rp 200 ribu untuk ukuran 200 ml (yang belum habis juga setelah 4 bulan dipake tiap hari masih ada 1/3 kayaknya). Tapi harganya ada yang lebih murah untuk ukuran yang lebih kecil juga. Belinya bisa di drugstore biasa di mall-mall atau juga di online shop biasanya lebih murah.


Mau yang lebih mahal? Coba merk Clarins deh, nama produknya Huile Tonic - Tonic Body Treatment Oil. Ini untuk dipakai saat kehamilan ya, dia punya varian produk lain lagi yang dipakai setelah melahirkan untuk menghilangkan stretchmark dan shaping body. Harganya mulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 900 ribu untuk 100 ml, tergantung belinya di mana. Online tentu lebih murah dari harga counter. Katanya sih ini lebih bagus dari Bio Oil, tapi aku sendiri ga pernah coba. Dulu cuma berencana beli kalo seandainya Bio Oil ga mempan atau ga cocok di kulitku. Tapi untuknya kulitku masih sayang sama isi dompetku.


Aku pribadi pake Bio Oil dari awal kehamilan, dengan dosis menyesuaikan dengan rasa kering di kulit (makin besar kehamilan, makin terasa kering). Yang pasti di bagian perut, pinggul, pantat, paha, bahu, lengan. Kadang juga di kaki pas kehamilan mulai gede dan kadang kalo kaki agak bengkak. Tapi untuk di bagian perut, jangan dipijat ya, usapkan lembut aja, tanpa tekanan, dan ga perlu banyak-banyak karena dia cepet meresap kok. Aku pake cuma tiap habis mandi kalo cuaca ga panas. Apa hubungannya sama cuaca? Gini, kalo kamu pake produk oil-based pas cuaca panas, kamu bisa keringetan, pori-porimu kebuka, yang ada malah jadi ruam di kulit. Pernah sekali aku pake abis mandi siang-siang pas libur, abis itu beberes rumah, besoknya langsung merah dan gatel. Pas ke dokter, disuruh stop dulu pake oil-based skincare. Setelah aku stop sekitar seminggu sampe ruamnya ilang (ngilangin ruamnya pake diaper rash cream buat bayi aja), aku lanjut pake Bio Oil kalo abis mandi ga akan keringetan atau cuaca ga panas, dan baik-baik aja sampe sekarang.

Terus, kalo ternyata emang tipe kulit kita ga bisa pake oil-based skincare gimana dong? Nomor 3 ini solusinya (yang juga bisa jadi tambahan kelembaban).

3. Body Butter

Body butter ya, bukan body lotion. Ga bisa ditawar lagi. Karena efeknya beda banget di kulit. Body lotion cuma terasa melembabkan pas abis diolesin aja, tapi kalo body butter awet banget, jadi ga perlu sering-sering pake. Dipakenya kapan? Aku sih pakenya di kantor, siang menjelang sore gitu, sama malam sebelum tidur kalo terasa kering. Paginya udah pake Bio Oil sih. Intinya, ini dipake se-kapan maunya dan kapan butuhnya kita aja, karena kita sendiri yang ngerasain kulit kita. Kalo ga bisa pake oil-based, ini pengganti Bio Oil atau Clarins. Tapi kalo buat 'touch up', aku cuma pake di perut aja siang atau sore itu, karena ribet kalo mau pake di bagian lain. Lagi-lagi, ga boleh pake tekanan pas pake, sambil elus-elus perut biasa aja, jangan dipijit. Body butter ini juga selalu aku pake kalo ngerasa gatel tiba-tiba di kulit, tinggal oles dikit di bagian yang gatel, biar kita ga garuk-garukin, and it works so well.


Merk body butter ini banyak banget, dari yang ratusan ribu sampe puluhan ribu. Kesukaanku merk Bali Ratih, karena dia murah, kecil, dan wanginya banyak macamnya. Jadi aku beli banyak dan aku sebar di mana-mana. Harganya dari Rp 27 ribu sampai Rp 30 ribuan untuk ukuran 110 ml dan bisa dibeli di beberapa e-commerce karena mereka punya toko resmi. Mau yang agak mahal? Coba aja Sensatia Botanicals, wanginya surga dunia banget yang cocok buat ibu hamil itu varian Relaxation Blend harganya Rp 130 ribu untuk ukuran 100 ml, gampang juga belinya di online atau offline store-nya di beberapa mall di Jakarta atau beberapa tokonya di Bali.

4. Air Putih

Ini serius, air putih ini memang benar-benar ajaib. Kulit kering kemungkinan karena dehidrasi, jadi minumlah air putih yang banyak, ini bener-bener ngebantu kekenyalan dan kelenturan kulit. Berasa banget karena tadinya aku cuma minum air putih sesempetnya, paling sekitar 1,5-2 liter sehari. Terus disuruh dokter 3 liter sehari. Enak banget efeknya di kulit, bahkan ga cuma kulit, tapi ke seluruh badan. Kalo kulitnya terhidrasi dengan baik, jadi ga kering, dan ga gampang gatel pas ketarik-tarik, bonusnya, mencegah stretchmark juga.

Prevention selanjutnya sih bukan produk atau barang, tapi lebih ke cara kita memperlakukan kulit kita. Misal, kalo kita sering di tempat ber-AC, sering-sering jaga kelembaban kulit dengan cara-cara di atas. Tapi kalo kita mau kerja lapangan seharian, sesuaikan aja dengan kenyamanan kita, karena kalo keringetan dan pake banyak produk itu ga nyaman banget rasanya, yang paling aman sih ya tetep pake sabun mandi yang melembabkan dan cocok di kulit.

Cara tambahan, dengan banyak gerak, misal yoga, atau melakukan pekerjaan rumah yang ringan-ringan tapi rutin di usia kehamilan yang udah aman, supaya kulitnya juga terbiasa gerak dan elastis. Tapi ini tergantung dengan kondisi kehamilan ya, kalo kata dokter harus bedrest, ya udah bedrest aja, menikmati wanginya body butter sambil nonton Youtube. Semua anjuran untuk ibu hamil itu ga harus diturutin, karena kondisi badan tiap orang beda-beda.

Semua produk dan step by step yang dijelaskan di sini ini works on me, kalo ternyata ga bekerja di kulit kamu, ya mungkin butuh kandungan atau cara yang berbeda. Tapi yang pasti, langkah-langkah ini aman untuk ibu hamil maupun yang ga hamil (penambahan berat badan yang drastis biasanya juga bikin gatal dan stretchmark). Intinya ini hanya mencegah ya, kalo masih tetep gatel juga, coba konsultasikan ke dokter, langkah apa yang aman untuk mengatasi itu, karena bisa aja gatelnya bukan hanya karena kulit kering.

Sebagai catatan juga, beberapa cream anti gatal itu justru malah bikin tambah kering, jadi jangan salah memperlakukan gatal-gatal karena kulit kering, ruam, gigitan serangga, jamur, atau biang keringat ya. Perhatikan dulu penyebab gatalmu.

You May Also Like

0 comments