Skin1004 Madagascar Centella Cream Review

by - 5:22:00 PM

Kalo disuruh first impression, aku pasti langsung jelek-jelekin cream ini. Ya habisnya gimana dong, dulu beli pas packagingnya masih warna hijau, panas banget di kulit, perih, bikin kapok. Usut punya usut, ternyata sebelumnya aku pake La Roche Posay Hyalu B5, dan ga pake hydrating toner. Karena mikirnya ya Hyalu B5 kan melembapkan katanya, beb. Habis exfoliating toner langsung Hyalu B5, terus cream ini. Ternyata cara kerja Hyaluronic Acid (HA) mengikat kelembapan. Lah kalo sebelum pake HA kulit kita ga terhidrasi dengan baik, dia malah menyerap kelembapan dari kulit bagian dalam, jadinya kulit terasa kering, super sensitif, dan perih. Jadi biang keroknya bukan cream ini, melainkan urutan skincare-ku yang ngawur. Maklum, awal-awal kenalan sama skincare bertumpuk. Sekarang? Hmmm..



CLAIMS

"Double functioning: brightening & wrinkle improvement. Main Ingredients: Centella Asiatica Extract, Squalane, Niacinamide, Adenosine. Product Introduction: Calming cream that soothes the skin and fortifies the skin's moisture barrier with its plant-based ingredient Squalane and Madagascar’s unsullied Centella Asiatica. Product Characteristics: Calms damaged skin from harmful external stimulants, and provides hydration and nutrition for a healthier, more resilient skin. Certified EWG Green. Unisex product. How to Use: After Essence, use desired amount and gently apply to face and leave for absorption."

Brightening and wrinkle improvement, hehe.
Mungkin kalo untuk mencegah, iya. Tapi kalo untuk perbaikan, kayaknya itu tugasnya Retinol and the gank. Ga ada improvement di skintone atau wrinkle, walau dia ada Niacinamide-nya.

Calming cream that soothes the skin, hold on, babe.
Sekarang udah pake urutan yg bener, tapi masih aja terasa panas di kulit. Instead of calming, it burns my skin at the beginning. Tapi cuma terasa panas aja, ga ada efek merah-merah atau bruntusan sama sekali. Malah kalo ada kemerahan di kulit atau jerawat meradang, jadi lebih kalem sih. Rasa panas di kulit cepet juga hilangnya, satu menit rasanya udah normal lagi. Jadi gimana penjelasannya dong? It burns at the beginning but then calming my skin? Hmm.

Fortifies the skin's moisture barrier, YES.
Dicoba tahan-tahan dikit panasnya, dipake pas mau tidur malem, di ruangan ber-AC, paginya kulit glowing dan kelembapannya bertahan banget seharian walaupun udah cuci muka.

Calms damaged skin from harmful external stimulants, hehe.
Pas pake ini sih kulit ga pas lagi damaged, tapi ya efeknya panas dan ga calming sama sekali. Ga kebayang kalo pake pas lagi damaged skin. Tapi merah-merah di kulit emang ilang sih. Gimana dong?

Provides hydration and nutrition for a healthier, YES.
Rasanya ini klaimnya yang paling terasa dan tepat.

More resilient skin, YES.
Gimana dong? Emang iya kulit kenyal dan sehat banget kalo pake ini pas malem. Jadi kayak dia tuh ga nyaman dipakenya, tapi hasilnya bagus banget dalam bikin kulit lembap dan sehat.



PACKAGING

One of my favorite look on skincare. Mirip banget sama lotion anti nyamuk Bambi punya anakku hehehe. Soft matte gitu plastiknya, terus ngatur keluar isinya juga gampang. Ga akan kebanyakan atau kesusahan. Pas awal beli, ada segel foil gitu di bagian dalam tube-nya, sama kayak toning tonernya. Cream in a tube always wins. I'm not a fan of cream in a jar.

TEXTURE AND FEELS

I'd like to describe this as cream-gel. Warnanya putih, ringaaan banget, jadi bisa rata dengan cepat di kulit, menyerapnya agak lama tapi pas udah nyerap dia juga ga ilang gitu aja kayak gel. Lumayan bisa mengunci kelembapan. Cream dengan tekstur ternyaman sih sejauh ini. Dia ada wanginya tapi dikit banget. Tapi di ingredients dia ga ada perfume sama sekali.


INGREDIENTS BY FUNCTION

Key Ingredients
Anti-acne: Niacinamide
Antioxidant: Centella Asiatica Extract (9.8%), Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Madecassoside, Asiaticoside, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract
Cell-communicating ingredient: Niacinamide, Adenosine
Skin brightening: Niacinamide, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract
Skin-identical ingredient: Glycerin, Squalane, Ceramide NP, Linoleic Acid, Sodium Hyaluronate, Linolenic Acid
Soothing: Centella Asiatica Extract (9.8%), Panthenol, Madecassoside, Biosaccharide Gum-1, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract

Other Ingredients
Antimicrobial/antibacterial: Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil
Buffering: Tromethamine
Chelating: Caprylhydroxamic Acid
Emollient: Cetyl Ethylhexanoate, Hydrogenated Lecithin, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Limnanthes Alba (Meadowfoam) Seed Oil, Squalane, Caprylyl Glycol, Caprylic/​Capric Triglyceride, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Glycine Soja (Soybean) Sprout Extract, Linoleic Acid, Linolenic Acid
Emulsifying: Hydrogenated Lecithin, Xanthan Gum
Moisturizer/humectant: Centella Asiatica Extract (9.8%), Glycerin, Pentylene Glycol, Niacinamide, Caprylyl Glycol, Panthenol, Erythritol, Trehalose, Betaine, Butylene Glycol, Biosaccharide Gum-1, Sodium Hyaluronate
Perfuming: Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Oil, Asiaticoside, Linolenic Acid
Preservative: Ethylhexylglycerin
Solvent: Water, Pentylene Glycol, 1.2-Hexanediol, Butylene Glycol
Surfactant/cleansing: Centella Asiatica Extract (9.8%), Xanthan Gum, Linoleic Acid, Linolenic Acid
Viscosity controlling: Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Carbomer, Sodium Carbomer, Butylene Glycol, Xanthan Gum, Hydroxyethylcellulose

PERSONAL EXPERIENCE 

- Baca-baca review, banyaaaak banget yang ga cocok sama produk ini. Bikin bruntusan, jerawatan gede, dan efek jelek lainnya. Malah ada yang bilang ini mengadung Dimethicone (but as you can see, no Dimethicone in ingredients list yang aku punya, mungkin yang di kemasan lama adanya ya). Di aku, ini ga ada efek buruk sama sekali untuk jangka panjang. Mungkin yang mau coba, beli yang kemasan barunya aja ya.
- Jangan kebanyakan pake produknya, cukup sebesar biji jagung aja udah bisa diratain buat seluruh wajah. Tapi kalo malam, emang butuh lebih banyak untuk ngunci kelembapan.
- Terasa jauh lebih perih dan panas kalo abis pake face scrub atau face mask. Sebenernya ga ngerti juga panas dan perihnya ini karena apa. Apa mungkin dari Lavender sama Orange oil-nya? Atau dari Sodium Hyaluronate? Karena aku punya serum yang juga perih, dan dia ada Sodium Hyaluronate-nya juga. Sodium Hyaluronate ini Hyaluronic Acid, btw.

PRICE

Harga resmi di Indonesia:
Rp 324.500,- for 75gram

Where to buy? Official store ada di Tokopedia. Distributor resminya di Beautyhaulindo, dan bisa dibeli juga di Bening Bersinar.

Coba cek lainnya di marketplace, biasanya pada jual 10-30% lebih murah. Sejauh ini, belum ada KW atau barang palsu dengan brand ini. Tapi hati-hati yang jual murah biasanya mereka jual share, bukan kemasan asli.

Note:
You can click on every image in this post to zoom it out.
This is my review, based on my experience, it might be different for you, her, or him.
If you buy this product, please consider to break the empties or waste responsibly, preventing any counterfeit.

You May Also Like

0 comments