Skin1004 Madagascar Centella Air-Fit Suncream Review

by - 6:22:00 PM

Sunscreen adalah skincare yang paling penting, tapi juga yang paling ga bisa diukur efektivitasnya, tapi (lagi) yang kalo ga cocok, damage-nya besar banget di kulit. Sering denger curhat temen soal gimana susahnya nemu sunscreen yang cocok. Seringnya, yang cocok di orang, ga cocok di kita, gitu juga sebaliknya. Aku sendiri butuh lebih dari 3 tahun coba-coba sunscreen baru akhirnya ketemu yang cocok. Tau cocok gimana? Ga bikin jerawatan atau bruntusan, dah gitu aja. Kan kita ga tau ya sunscreen-nya udah bekerja dengan baik apa enggak kalo cuma seminggu pemakaian. Keliatannya kalo udah berbulan-bulan ternyata ada flek hitam aja di muka, baru ketauan kalo sunscreen yang kita ga pake ga efektif. Amit-amit deh.



CLAIMS

"An ultra-light, air fit suncream with broad-spectrum SPF 50 PA++++ for daily protection that contains Centella Asiatica Extract, fresh from the untouched nature of Madagascar, to soothe the skin and create a matte finish. It also contains Niacinamide to help balance uneven skin tone."

To soothe the skin, YES.
Ini sunscreen yang emang nyaman banget pas dipake. Kadang pas ada merah-merah di kulit, pake sunscreen ini jadi ga merah lagi. Bukan karena covered, tapi ya emang healed aja.

Create a matte finish, uhmmm no, but...
It means better. Karena biasanya aku abis pake ini langsung pake powder foundation buat ke kantor, jadi ga cakey sama sekali. Justru pas pake sunscreen lain lebih matte dan jadi ga nyaman di kulit. Sering juga pake ini ga lanjut make up, dia ga bikin oily sama sekali, tapi bikin healthy glow aja. Btw, di packaging-nya aja tulisannya 'luminous healthy glow' lho. Jadi ga ngerti ini website maksudnya matte gimana.

To help balance uneven skin tone, not (maybe) yet.
Udah habis sebotol, masih belum ada perubahan sih kayaknya. Tapi ya ga jadi kusam juga kulitnya. 


PACKAGING

Slim and minimalist. Enak banget juga buat dimasukin ke pouch, travel friendly banget. Ujungnya tempat keluar produknya runcing gitu, jadi enak ngatur banyak-dikitnya produk yang keluar. Botolnya juga dipencet ga terlalu keras, tapi ga terlalu empuk juga, pas buat kontrol keluarnya produk. Pertama kali pegang sih rasanya kok kecil banget, tapi ya emang segitu pas kok.

TEXTURE AND FEEL

Super lightweight. Dia lebih cocok dibilang lotion sih daripada cream. Warnanya emang kayak tinted, tapi pas udah diratain, ga ada tint-nya sama sekali. Jangankan tint, whitecast aja ga ada. Ini yang ajaib. Dia physical sunscreen tapi ga ada whitecast. Gimana ga makin sayang? Wanginya ada lah dikit banget, tipis banget, ga lama setelah dipake juga ilang. Buatku yang udah tiga tahun gonta-ganti skincare, ini udah yang terbaik sih.


INGREDIENTS BY FUNCTION

Key Ingredients
Anti-acne: Niacinamide
Antioxidant: Centella Asiatica Extract (29.4%), Coptis Chinensis Root Extract, Madecassoside, Rosa Damascena Flower Oil, Tocopherol
Cell-communicating ingredient: Niacinamide
Skin brightening: Niacinamide
Skin-identical ingredient: Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Sodium Hyaluronate
Soothing: Centella Asiatica Extract (29.4%), Madecassoside, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil 
Sunscreen: Zinc Oxide

Other Ingredients
Antimicrobial/antibacterial: Rosa Damascena Flower Oil
Colorant: Zinc Oxide, Titanium Dioxide (Ci 77891)
Emollient: Cyclomethicone, Dicaprylyl Carbonate, Caprylyl Methicone, Cetyl Ethylhexanoate, Aluminum Hydroxide, C30-45 Alkyl Cetearyl Dimethicone Crosspolymer, Stearic Acid, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Octyldodecanol, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Dibutyl Adipate
Moisturizer/humectant: Centella Asiatica Extract (29.4%), Cyclomethicone, Propanediol, Niacinamide, Betaine, Inositol, Aluminum Hydroxide, Butylene Glycol, Pentylene Glycol, Dextrin, Sodium Hyaluronate
Perfuming: Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Octyldodecanol, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Rosa Damascena Flower Oil, Tridecane
Preservative: Ethylhexylglycerin
Solvent: Cyclomethicone, Water, Propanediol, 1,2-Hexanediol, Butylene Glycol, Pentylene Glycol, Echium Plantagineum Seed Oil, Dibutyl Adipate
Surfactant/cleansing: Centella Asiatica Extract (29.4%)
Viscosity controlling: Cyclomethicone, Magnesium Sulfate, Disteardimonium Hectorite, Aluminum Hydroxide, Stearic Acid, Butylene Glycol, Dextrin


PERSONAL ADVICE

- Yes it has healthy glow finish but not enough to moisturize my skin. Ngakalinnya, sebelum ini pake moisturizer cream, tapi cream-nya diratain di telapak tangan dulu, baru diratakan ke muka, biar ga kebanyakan. Aku sih jelas pake cream-nya Skin1004 juga seukuran biji jagung aja gitu lah, jangan kebanyakan, apalagi kalo mau make up abis pake sunscreen.
- Aku keluarin isinya langsung ke kulit wajah, ga pake ke tangan, jadi kayak ngelukis gitu, bikin garis-garis pake ini di muka. Kayaknya ini lebih memudahkan daripada harus di tangan dulu.
- Jangan pernah taruh sunscreen di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jangan taruh di dekat jendela. Jangan taruh di ruangan yang suhunya bisa naik-turun drastis (biasanya kamar di lantai paling atas yang AC-nya cuma nyala pas malam aja, siangnya panas banget). Kalau terpaksa misalnya karena ngekos di kamar lantai paling atas, tarun sunscreen di lemari baju, jangan di atas meja. Lemari baju biasanya ga begitu drastis perubahan suhunya. Ini juga bisa jadi tempat andalan buat naruh parfum biar wangi dan kualitasnya ga berubah.
- Karena ini physical sunscreen, jadi baiknya tetap double cleansing untuk ngehapusnya walaupun ga pake make up ya. Apalagi setelah seharian re-apply.
- Ada mitos katanya sunscreen baiknya dipakai 30 menit sebelum ke luar rumah. Tapi aku ada di pihak yang percaya kalo physical sunscreen bisa dipakai kapanpun langsung kena matahari, sementara chemical sunscreen yang harus nunggu sekitar 15 menit sebelum kena matahari. Tapi kalau mau lanjut make up, memang baiknya tunggu meresap dulu sebentar, jangan langsung dihajar make up tepat setelah sunscreen rata. Tunggu lah 1-2 menit. Nanti kita bahas bedanya physical dan chemical sunscreen di postingan yang berbeda.
- Satu-satunya kegunaan sunscreen adalah mencegah. Jadi dia bukan memperbaiki. Jangan berharap jerawatmu langsung sembuh, kerutanmu hilang, apalagi jadi tirus cuma karena kamu pake sunscreen
- Pake sunscreen bukan berarti kulitmu ga akan menggelap. Jangan salah sangka dulu. Kulitmu mungkin akan menggelap kalo berjemur di bawah matahari. Tapi kalo pakai sunscreen, kulit akan tetap sehat terlindungi. Jadi ga iritasi, perih, mengelupas, apalagi menghasilkan bekas terbakar yang mengganggu penampilan.
- Walaupun udah pake sunscreen, kalo bisa, tetap hindari sinar matahari langsung ya, apalagi yang di siang hari yang terik.

PRICE

Harga resmi di Indonesia:
Rp 324.500,- for 50gram

Where to buy? Official store ada di beberapa e-commerce. Distributor resminya Beautyhaulindo (klik di sini untuk langsung beli ke web-nya).

Coba cek lainnya di marketplace, biasanya pada jual 10-30% lebih murah. Sejauh ini, belum ada KW atau barang palsu dengan brand ini. Tapi hati-hati yang jual murah banget biasanya mereka jual share, bukan kemasan asli.

Note:
You can click on every image in this post to zoom it out.
This is my review, based on my experience, it might be different for you, her, or him.
If you buy this product, please consider to break the empties or waste responsibly, preventing any counterfeit.





You May Also Like

0 comments